SEGMENTASI PASAR DAN KEPUASAN KONSUMEN
Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen
pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan, yang akan dicapai dengan
marketing mix tertentu. kegiatan ini memerlukan kemampuan untuk mengukur secara
efektif kesempatan pnjualan di berbagai segmen pasar dan kemampuan memilih
marketing mix yang tepat untuk segmen pasar yang di pilih.
hal ini menunjukan bahwa analisa segmentasi pasar merupakan
inti dari strategi pemasaran karena strategi pemasaran tidak di mulai dengan
membedakan kemungkinan-kemungkinan produk yang di hasilka, tetapi dengan
membedakan kelompok-klompok konsumn dngan kebutuhannya.
Sumber buku : manajemen pemasaran (analisis perilaku
konsumen)
karangan :
Prof. Dr Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A dan Dr. T Handoko M.B.A ( Dosen
Fakultas Ekonomika dan bisnis universitas gajah mada, Yogyakarta.)
faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen
menurut Zheithami dan Bitner (2003:87) ada beberapa faktor
yang mempengaruhi kepuasan konsumen :
- fitur produk dan jasa : kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa secara signifikan dipngaruhi oleh evaluasi pelanggan terhadap fitur produk dan jasa.
- emosi konsumen : emosi juga dapat mempengaruhi persepsi konsumn terhadap produk dan jasa. emosi positif seperti perasaan bahagia, senang, dan gembira akan meningkatkan kepuasan pelanggan. sedangkan emosi negative seperti kesedihan, duka, penyesalan, dan kemarahan dapat menurunkan tingkat kepuasan.
- atribusi untuk kberhasilan atau kegagalan. ketika pelanggan dikejutkan dengan hasil ( jasa lebih baik/lebih buruk dari pelayanan yang diharapkan), pelanggan cenderung untuk melihat alasan dan penilaian mreka terhadap alasan dapat mempengaruhi kepuasan.
- persepsi terhadap kewajaran dan keadilan. konsumen brtanya pada diri mreka, apakah saya diperlakukan secara baik dibandingkan konsumen lain ? apakah konsumn lain mendapatkan pelayanan yang lebih baik, atau kualitas jasa yang lebih baik? apakah saya membayar dengan harga yang wajar untuk produk atau jasa yang saya beli? dugaan mengenai equity dan fairness adalah penting bagi kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa.
- konsumn lain. keluarga dan rekan kerja. misalnya kepuasan dalam perjalan liburan keluarga adalah fenomena yang dinamis, dipengaruhi olh reaksi dan ekspresi oleh anggota keluarga slama liburan. kemudian, apakah ekspresi kepuasan atau ktidak kepuasan anggota keluarga terhadap perjalanan dipengaruhi oleh cerita yang diceritakan kembali diantara keluarga dan memori mengenai suatu peristiwa.
sumber buku : riset
pemasaran dan konsumen (seri: 2)
pengarang :
ujang sumrwan, aditya galih prihartono. dkk
editor :
ujang sumarwan
SEGMENTASI DAN PROFITABILITAS
Profitablitas atau kemampuan memperoleh laba adalah suatu
ukuran dalam persentase yang digunakan untuk menilai sejauh mana perusahaan
mampu menghasilkan laba pada tingkat yang dapat diterima. Angka profitabilitas dinyatakan
antara lain dalam angka laba sebelum atau sesudah pajak, laba investasi, pendapatan per saham,
dan laba penjualan. Nilai
profitabilitas menjadi norma ukuran bagi kesehatan perusahaan.
PENGGUNAAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN
guna menetapkan segmentasi ketika mengembangkan strategi
pemasaran untuk konsumen adalah Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan
potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan
usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi
pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi
pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan.
Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu
berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau
jasa.
Sebagai contoh, produsen zwitsal, zwitsal adalah Rangkaian produk perawatan
bayi Zwitsal telah teruji secara klinis (Tested Hypo-Allergenic).
dari contoh yang jelaskan diatas, maka dapat disimpulkan
segmentasi pasar produk zwitsal dalam melakukan pemasarannya yaitu adalah dalam
katagori usia (bayi, balita dan batita).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar