Minggu, 06 Oktober 2013

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

SEGMENTASI PASAR DAN KEPUASAN KONSUMEN

Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan, yang akan dicapai dengan marketing mix tertentu. kegiatan ini memerlukan kemampuan untuk mengukur secara efektif kesempatan pnjualan di berbagai segmen pasar dan kemampuan memilih marketing mix yang tepat untuk segmen pasar yang di pilih.
hal ini menunjukan bahwa analisa segmentasi pasar merupakan inti dari strategi pemasaran karena strategi pemasaran tidak di mulai dengan membedakan kemungkinan-kemungkinan produk yang di hasilka, tetapi dengan membedakan kelompok-klompok konsumn dngan kebutuhannya.

Sumber buku : manajemen pemasaran (analisis perilaku konsumen)
karangan          : Prof. Dr Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A dan Dr. T Handoko M.B.A ( Dosen Fakultas Ekonomika dan bisnis universitas gajah mada, Yogyakarta.)

faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen

menurut Zheithami dan Bitner (2003:87) ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen :


  • fitur produk dan jasa : kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa secara signifikan dipngaruhi oleh evaluasi pelanggan terhadap fitur produk dan jasa.
  • emosi konsumen :  emosi juga dapat mempengaruhi persepsi konsumn terhadap produk dan jasa. emosi positif seperti perasaan bahagia, senang, dan gembira akan meningkatkan kepuasan pelanggan. sedangkan emosi negative seperti kesedihan, duka, penyesalan, dan kemarahan dapat menurunkan tingkat kepuasan.
  • atribusi untuk kberhasilan atau kegagalan. ketika pelanggan dikejutkan dengan hasil ( jasa lebih baik/lebih buruk dari pelayanan yang diharapkan), pelanggan cenderung untuk melihat alasan dan penilaian mreka terhadap alasan dapat mempengaruhi kepuasan.
  • persepsi terhadap kewajaran dan keadilan. konsumen brtanya pada diri mreka, apakah saya diperlakukan secara baik dibandingkan konsumen lain ? apakah konsumn lain mendapatkan pelayanan yang lebih baik, atau kualitas jasa yang lebih baik? apakah saya membayar dengan harga yang wajar untuk produk atau jasa yang saya beli? dugaan mengenai equity dan fairness adalah penting bagi kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa.
  • konsumn lain. keluarga dan rekan kerja. misalnya kepuasan dalam perjalan liburan keluarga adalah fenomena yang dinamis, dipengaruhi olh reaksi dan ekspresi oleh anggota keluarga slama liburan. kemudian, apakah ekspresi kepuasan atau ktidak kepuasan anggota keluarga terhadap perjalanan dipengaruhi oleh cerita yang diceritakan kembali diantara keluarga dan memori mengenai suatu peristiwa.

sumber buku    : riset pemasaran dan konsumen (seri: 2)
pengarang        : ujang sumrwan, aditya galih prihartono. dkk
editor               : ujang sumarwan
           

SEGMENTASI DAN PROFITABILITAS 

Profitablitas atau kemampuan memperoleh laba adalah suatu ukuran dalam persentase yang digunakan untuk menilai sejauh mana perusahaan mampu menghasilkan laba pada tingkat yang dapat diterima. Angka profitabilitas dinyatakan antara lain dalam angka laba sebelum atau sesudah pajak, laba investasipendapatan per saham, dan laba penjualan. Nilai profitabilitas menjadi norma ukuran bagi kesehatan perusahaan.



PENGGUNAAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN 

guna menetapkan segmentasi ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau jasa.

Sebagai contoh, produsen zwitsal, zwitsal adalah Rangkaian produk perawatan bayi Zwitsal telah teruji secara klinis (Tested Hypo-Allergenic).

dari contoh yang jelaskan diatas, maka dapat disimpulkan segmentasi pasar produk zwitsal dalam melakukan pemasarannya yaitu adalah dalam katagori usia (bayi, balita dan batita). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar